Profil

Pendahuluan

Program studi sosial ekonomi/agribisnis merupakan bagian dari   Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian yang semula disebut Departemen Sosial Ekonomi telah ada sejak berdirinya Fakultas Pertanian Universitas Kotapraja tahun 1960 yang kemudian berubah menjadi Universitas Brawijaya.
Selama perkembangannya, Departemen/Jurusan Sosial Ekonomi telah banyak berubah sesuai dengan perkembangan yang ada. Pada tahun 1983, sesuai SK Dirjen Dikti SK No:28/02/Kep/1983 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Sarjana di Bidang Pertanian, Jurusan Sosial Ekonomi   kemudian membentuk 2(dua) program studi yaitu Program Studi Ekonomi Pertanian dan Program Studi Pembangunan dan Penyuluhan Pertanian.  Tetapi pada tahun 1994 berdasarkan SK Menteri Pdan K No:041/U/1994, Jurusan Sosial Ekonomi tetap memiliki 2 program studi dengan nama yaitu:

  1. Program Studi Sosial Ekonomi
  2. Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi.

Sejak berkembangnya istilah pembangunan pertanian berwawasan agribisnis menjadi populer, kurikulum program studi sosial ekonomi di Indonesia  juga mengalami perkembangan dimana materi kuliah ekonomi dan manajemen menjadi dominan sehingga program studi ini seringkali disebut juga sebagai program studi agribisnis.
Berdasarkan surat Dirjen Dikti, Kementrian Pendidikan Nasional nomor 512/D/T/2010, tentang perubahan/penggabungan progam studi bidang pertanian, ditetapkan bahwa 2 program studi di atas digabung menjadi satu program studi Agribisnis sejak tanggal 1 Januari 2008. Penggabungan tersebut membawa banyak konsekuensi terhadap restruturisasi kurikulum dan sumberdaya masing masing program studi yang digabung.

 

Visi Program Studi Agribisnis

Menjadikan Program Studi Sosial Ekonomi/Agribisnis terkemuka yang berorientasi di bidang Ekonomi dan Manajemen Agribisnis  untuk menghasilkan lulusan yang mampu berperan aktif dibidangnya dan berwawasan lintas nasional

 

Misi Program Studi Agribisnis

  1. Menyelengarakan proses pendidikan untuk membantu peserta didik menjadi lulusan yang berkemampuan di bidang Ekonomi Pertanian/Agribisnis sehingga dapat menjadi profesional dibidangnya dan berperan aktif di masyarakat.
  2. Mengembangkan dan menyebarkan ilmu pengetahuan di bidang Ekonomi Pertanian/Agribisnis dalam upaya meningkatkan kehidupan masyarakat.
  3. Mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas sesuai dengan kemampuan dan pengetahuan umum yang dibutuhkan pasar tenaga kerja dan mempunyai tanggung jawab secara profesional yang  sesuai dengan etika.

 

Sasaran Program Studi Agribisnis

  1. Menciptakan suasana akademik yang kondusif bagi kelancaran proses belajar mengajar, penelitian dan pelayanan masyarakat di bidang Agribisnis.
  2. Meningkatkan penguasaan dan pengembangan IPTEK di bidang Agribisnis sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan stakeholder.
  3. Meningkatkan kerjasama dengan institusi lain baik nasional maupun internasional dalam rangka meningkatkan kemampuan staf pengajar dan mahasiswa.
  4. Meningkatkan kualitas dosen terutama dosen muda untuk melanjutkan studi ke luar negeri.

 

Tujuan Program Studi Agribisnis

  1. Menghasilkan lulusan sarjana Sosial Ekonomi Pertanian berkualitas yang dicirikan: bertaqwa kepada Tuhan YME, mampu membelajarkan diri,  mempunyai wawasan yang luas,  memiliki disiplin dan etos kerja, menjadi tenaga profesional yang tangguh, dan mampu bersaing melewati batas wilayah  nasional.
  2. Menjadikan program studi Sosial Ekonomi sebagai pusat pengembangan IPTEKS  di bidang Agribisnis untuk mendorong Pembangunan nasional.
  3. Mampu memberdayakan masyarakat melalui pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Agribisnis dengan pendekatan ilmiah.